Skip to main content

Apa Makna Dari 'Familicide', 'Parricide', 'Matricide', 'Patricide', 'Filicide', 'Infanticide', 'Mariticide' dan 'Uxoricide'?

Familicide [bhs. Ing] berarti pembunuhan terhadap seluruh anggota keluarga oleh anggota keluarga itu sendiri. Familicide biasanya kemudian diikuti oleh bunuh diri (suicide). Famili berarti keluarga sedangkan cide berarti pembunuhan, sedangkan sui berarti diri sendiri.

Parricide [bhs. Ing] berarti pembunuhan terhadap orang tua dalam sebuah keluarga dimana hal ini juga bisa berarti dilakukan oleh anak dalam keluarga tersebut.

Matricide [bhs. Ing] berarti pembunuhan terhadap seorang ibu seseorang atau pembunuhan ibu yang dilakukan oleh anaknya.

Patricide [bhs. Ing] berarti pembunuhan terhadap seorang ayah seseorang atau pembunuhan ayah yang dilakukan oleh anaknya.

Infanticide [bhs. Ing] berarti pembunuhan terhadap bayi atau anak dibawah satu tahun, baik oleh orang lain atau oleh orang tuanya sendiri. Sedangkan aborsi atau pembunuhan terhadap janin disebut Feticide.

Filicide [bhs. Ing] berarti pembunuhan anak kecil, baik oleh orang lain atau oleh orang tuanya sendiri.

Mariticide [bhs. Ing] berarti pembunuhan terhadap istri yang dilakukan suami.

Uxoricide [bhs. Ing] berarti pembunuhan terhadap suami yang dilakukan istri.

Semua kata di atas termasuk dalam kategori Homicide. Homicide yang dalam Bahasa Inggris berarti pembunuhan terdiri dari dua kata homi atau homo yang berarti human atau manusia dan cide yang berarti pembunuhan.

Image result for familicide

Comments

Popular posts from this blog

Apakah Makna Dari 'Macadam'?

Macadam merupakan batu kecil atau kerikil dengan ukuran yang sama yang digunakan pada permukaan jalan dan biasanya disatukan dengan tar, yakni sejenis aspal yang terbuat dari arang atau batu bara. Kata Macadam berasal dari nama penemunya yang bernama John L. McAdam.

Apakah Makna Dari 'Dictaphone'?

Dictaphone adalah sebuah alat yang digunakan untuk merekam catatan suara pribadi yang didikte oleh perekam. Pada awalnya dictaphone adalah merek sebuah alat yang dikembangkan oleh Alexander Graham Bell, namun berkembangnya waktu, dictaphone menjadi sebutan atau eponym untuk semua alat yang digunakan untuk merekam catatan suara. Seperti halnya Sanyo yang menjadi eponym untuk mesin pompa air dan Kodak yang menjadi eponym kamera. Mesin dictaphone yang dikembangkan oleh Alexander Graham Bell pada akhir abad ke-19.

Apakah Makna Dari 'Confectionery'?

Confectionery [ bhs. Ing ] merupakan toko yang khusus menjual perman dan kembang gula lainnya.